Plus Minus Gunakan Power Bank Charger dan Baterai Cadangan

Plus Minus Gunakan Power Bank Charger dan Baterai Cadangan
Makin canggihnya smartphone dan tablet jelas berdampak langsung pada konsumsi energi baterai yang lebih besar. Hal ini membuat gadget jadi lebih sering di charge. Nah, bila suatu saat Anda tidak mendapat koneksi listrik untuk proses charging, maka keberadaan baterai cadangan dan power bank charger bisa menjadi solusi agar hape bisa tetap hidup.

Baik power bank charger dan baterai cadangan punya karakteristik tersendiri, keduanya punya sisi plus minus dalam penggunaannya. Keduanya pun punya rentang harga yang berbeda. Bila Anda bingung untuk menggunakan power bank atau baterai cadangan, sekiranya bisa simak tentang kelebihan dan kekurangan pada masing-masing asesoris tersebut.

Baterai Cadangan
Kelebihan
1. Bila menggunakan baterai cadangan, artinya Anda mengganti baterai lama dengan yang baru. Secara langsung hape akan melalui fase restart, dampak positif dari proses ini adalah performa hape akan menjadi lebih ‘segar,’ karena beragam setting dan aplikasi yang bekerja akan mulai dari awal lagi, beban prosesor akan lebih ringan.
2. Dengan baterai cadangan, bobot yang Anda bawa tentunya cukup ringan dan ringkas.
3. Baterai cadangan juga punya kehandalan pada segi keringkasan, yang jelas Anda tidak membutuhkan kabel USB.

Kekurangan
1. Otomatis segala layanan yang sedang Anda nikmati, semisal voice call dan browsing intenet akan terputus saat proses penggantian baterai.
2. Baterai cadangan tentunya punya spesifikasi dan desain yang spesifik pada suatu jenis hape. Baterai tidak bersifat universal.
3. Untuk baterai original harganya lebih mahal.
4. Bila ingin melakukan proses charge bersamaan antara dua baterai, Anda perlu desktop charger secara terpisah.

Power Bank Charger
Kelebihan
1. Umumnya Power Bank mempunyai spesifikasi high power dengan kapasitas mAh yang sangat besar, jauh dibanding baterai cadangan. Hal ini menjadikan proses charging bisa lebih cepat.
2. Power bank charger bersifat universal, artinya dengan port microUSB atau miniUSB dapat mensuplai energi beberapa gadget yang berbeda merek.

Kekurangan
1. Beberapa kasus power bank malah dapat mempersingkat umur baterai, pasalnya ukuran tegangan yang tidak sesuai antara power bank dengan hape itu sendiri.
2. Harga masih relatif mahal, terutama power bank merek ternama yang mempunyai kualitas bagus, seperti buatan Alkaline, Panasonic dan Sanyo.
3. Bobot power bank relatif berat, dan beberapa jenis harus dioperasikan dengan dukungan kabel USB.
4. Power bank juga memerlukan proses charge seperti halnya baterai, dan biasanya durasinya bisa mencapai 5 sampai 6 jam sampai kapasitas penuh.

Sumber : http://www.selular.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s