Tips Touring Moge/Motor Sport (150 cc atau di atasnya)

DUCATI 2

Mengendarai motor bersama-sama dengan teman ke luar kota atau yang sering kita sebut touring memang mengasyikan, apalagi jika motor yang kita pakai adalah moge. Seperti yang kita tahu bahwa mengendarai moge sangatlah berbeda dengan mengendarai motor pada umumnya. Sama halnya dalam melakukan touring menggunakan moge yang tentunya juga berbeda. Mulai dari cara beriringannya, jarak antar motor dan sebagainya.

Berikut beberapa tips touring moge :

Persiapkan Fisik.
Fisik merupakan persiapan yang nomor satu. Percuma jika semuanya telah dipersiapkan namun kondisi fisik sedang tidak enak badan. Bukannya menjadi berkesan, justru malah menyiksa diri dengan beban moge yang sangat berat. Minimal satu hari sebelum touring, kita sudah harus benar-benar mempersiapkan kondisi fisik. Jangan begadang pada malam harinya sebelum hari H. Bila perlu bawalah makanan ringan untuk dimakan ketika istirahat diperjalanan. Jika fisik anda bugar, tentu anda akan lebih menikmati perjalanan.

Persiapkan Motor.
Motor yang kita kendarai ini adalah moge, bukan motor harian. Hal ini tentunya harus sangat diperhatikan. Persiapkan moge anda sebelum mengikuti touring. Servislah moge anda di bengkel langganan atau spesialis moge. Coba bayangkan jika moge anda mogok ditengah jalan ketika mengikuti touring. Selain malu juga akan sulit untuk mencari bengkel moge bukan. Untuk itu periapkanlah kondisi moge agar dalam kondisi yang benar-benar prima. Sebagai jaga-jaga, bawalah peralatan semacam kunci pas, obeng dan sejenisnya. Yang terakhir dan jangan sampai ketinggalan salah STNK moge anda.

Utamakan Safety.
Selalu utamakan safety, baik itu yang dipakai maupun ketika berkendara. Gunakan jaket yang lumayan tebal atau jaket kulit dan juga helm berstandar SNI. Bila perlu gunakan pengamaan siku dan lutut. Selalu nyalakan lampu utama ketika mengikuti touring. Jangan beratraksi ketika mengikuti touring. Memang moge memiliki performa yang gahar sehingga mudah untuk di ajak wheelie, namun ini adalah jalan raya antar kota yang padat dan banyak jebakan lubang.

Jarak Beriringan.
Biasanya laju konvoi touring moge rata-rata berkecepatan di atas 100 km/jam. Maklum dengan tenaga dahsyat, kecepatan di atas 100 km/jam sangatlah mudah didapatkan. Nah, selalu jaga jarak antara anda dengan moge yang ada di depan anda, biasanya sekitar 5 meter. Jangan mengendarai moge anda tepat dibelakang moge yang ada dip depan anda, tapi posisikan moge anda agak ke kanan atau ke kiri sedikit. Alasannya adalah agar anda mengetahui kondisi jalan yang ada di depan anda. bayangkan jika dengan kecepatan lebih dari 100 km/jam tiba-tiba ada lubang muncul. Selain velg, anda juga dapat menjadi korbannya.

Hormati Pengendara Lain.
Jangan sombong ketika touring menggunakan moge seakan-akan jalan hanya menjadi milik anda. Walaupun anda sedang touring mengendarai moge yang bersuara gahar dan menjadi perhatian banyak orang, namun anda juga harus menghormati pengendara lain juga. Jangan menyalip kendaraan lain seenaknya dengan menyuruh kendaraan yang berlawanan mengalah. Jika kendaraan yang akan bersimpangan tidak mau mengalah, anda juga kan yang jadi korbannya. Hormatilah orang lain jika kita mau dihormati.

Touring moge sangatlah berbeda dengan touring motor harian. Power motor yang berbeda jauh tentu merupakan salah satu faktornya. Selalu waspada saat di jalan agar tidak terkena lubang jalan atau sebagainya. Perhatikan juga rambu-rambu lalu lintas terutama lampu persimpangan. Paling tidak dengan mengikuti beberapa tips di atas dapat menjadikan touring moge anda lebih berkesan. Tak ada lagi rasa khawatir ketika touring serta hal-hal yang tidak diinginkan.

Sumber: http://www.moge.com/showthread.php/54-Tips-Touring-Moge

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s