Perkuat Puasa dengan Tanaman Berkhasiat

REPUBLIKA.CO.ID, Kekayaan alam Indonesia sangat melimpah, termasuk dengan berbagai jenis tumbuhan. Dari banyaknya tumbuhan, terdapat lebih dari 30 ribu jenis tanaman yang berkhasiat obat. Namun, baru 59 jenis di antaranya yang diolah berbagai industri herbal untuk menghasilkan jamu.

Secara klinis, memang belum semua jenis tanaman yang memiliki khasiat obat dapat dibuktikan keilmiahannya. Namun, secara empiris dari generasi ke generasi, banyak tanaman memiliki manfaat untuk pengobatan, perawatan kesehatan, dan juga kecantikan.

Beberapa tanaman berkhasiat sangat tepat dimanfaatkan untuk memperkuat tubuh selama menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan. Menurut pendiri industri jamu terkemuka, Dr Martha Tilaar, segudang tanaman di Indonesia bisa dimanfaatkan untuk antioksidan, mempertahankan kondisi tubuh, memperkuat lambung, dan memberi nutrisi yang kaya bagi tubuh.

Kita manfaatkan apa yang ada untuk kebutuhan tubuh selama berpuasa. Tubuh butuh nutrisi yang cukup dalam berpuasa. Untuk itu, perlu juga menambahkan tanaman berkhasiat dalam makanan, kata Martha Tilaar seusai peluncuran buku The Green Science of Jamu di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia mencontohkan, ada empon-empon (rempah-rempah dari rimpang) memiliki khasiat yang dahsyat bagi tubuh. Contohnya, ada yang bermanfaat untuk meningkatkan peristaltik saluran cerna, ekstrak meniran (phyllanthus niruri L) untuk antiviral, dan imunostimulator (perangsang imunitas).

Dalam bukunya, disebutkan, tanaman herbal mampu memperbaiki aktivitas biomolekuler tubuh. Tanaman ini juga dapat melakukan biosintesis kombinasi dari senyawa metabolis sekundernya. Obat herbal tradisional, seperti jamu, dapat meningkatkan dan memperbaiki ekspresi gen tubuh.

Saat ekspresi gen meningkat dan lebih baik, hormon serta sistem imun tubuh akan bekerja lebih optimal. Obat herbal tradisional memiliki kemampuan memperbaiki keseluruhan sistem karena bekerja dalam lingkup sel dan molekuler, begitu tulis Martha.

Secara keseluruhan, sambungnya, tanaman bukanlah obat, melainkan tambahan makanan berdasarkan nutrisi yang bekerja menormalkan, menyeimbangkan, dan mendukung. Tanaman ini mendukung sel-sel hidup dengan cara memberikan nutrisi tubuh.

Semua tanaman memiliki lebih dari satu fungsi. Mereka memiliki enzim-enzim dan bekerja dengan aktivitas enzim alami dari tubuh. Tanaman membiarkan tubuh untuk melakukan pekerjaannya sendiri.

Ada beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk memperkuat tubuh selama berpuasa. Manajer Pengembangan Riset dan Produk PT Martina Berto, Eti Setiawati, mengatakan, pada umumnya, empon-empon sangat bagus khasiatnya sebagai antioksidan bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa.

Antioksidan membantu tubuh mengeluarkan racun dan memperlancar metabolisme sehingga tubuh bisa lebih fit.

=Martha membenarkan pendapat stafnya itu. Dia mencontohkan, selain rimpang-rimpangan, kulit pohon secang dan batang sirih sangat bagus untuk antioksidan. Sirih, jahe, dan kunyit baik untuk mengatasi kembung dan masalah pencernaan. Pengeluaran gas dari lambung bisa dibantu oleh tanaman ini, sambungnya.

Dia menambahkan, mereka yang berpuasa agar menghindari penggunaan asam (asam jawa dan sejenisnya) dalam makanan. Sebab, asam bisa membuat perut melilit.

Reporter : Dewi Mardiani
Redaktur : A.Syalaby Ichsan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s